Gerak Cepat Mencegah Penyebaran Kasus DBD, Dinkes Boltim Turunkan Tim

Keterangan Gambar : Petugas Lapangan Sedang Melakukan Fogging


Adanya temuan kasus Demam Berdarah Dengue di Kecamatan Modayag Barat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), 

langsung bergerak cepat dengan menurunkan tim ke wilayah Kecamatan tersebut. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Saifudin Gobel, SKM, M.Kes, mengatakan pihaknya telah menurunkan tim untuk turun ketiga desa di wilayah Kecamatan Modayag barat, yaitu ; Desa Moyongkota, Desa Bangunan Wuwuk, dan Desa Pinonobatuan, guna untuk mencegah terjadi penyebaran dan pertambahan kasus DBD.

Tim dilapangan tersebut terdiri dari tim Dinkes dan tim dari Puskesmas Modayag Barat, tugas dari tim di lapangan yaitu melakukan pendataan jumlah kasus, Menginvestigasi kasus lewat Penyelidikan Epidemiologi, Menganalisa kasus yang terjadi, melaksanakan Fogging dan Abatisasi serta Penyuluhan.

Dari tiga kasus DBD yang ada, ditemukan jentik nyamuk di rumah penderita, sehingga langsung dilakukan fogging wilayah radius seratus meter di lokasi sekitar tempat tinggal penderita. 

Tim di lapangan juga melakukan Penyuluhan Kesehatan terkait DBD kepada masyarakat di tiga desa tersebut untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) seminggu sekali dan menerapkan 3M Plus, yaitu ; Menguras tempat penampungan air, Mengubur barang bekas, Menutup tempat penampungan air. 

Adapun Plusnya adalah menggunakan obat anti nyamuk, tidak menggantung pakaian di dalam kamar, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, menaburkan bubuk larvasida pada penampungan air, serta memelihara ikan pemakan jentik.

Tim juga telah turun ke setiap kantor Pemerintah Kecamatan dan Desa, meminta kepada Camat dan Sangadi untuk menghimbau masyarakat untuk kerja bakti di tiap desa guna mencegah DBD, sekedar informasi Kasus DBD yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Pada awal Bulan Januari Tahun 2022 berjumlah 14 kasus. Dimana 10 kasus terdapat di Kecamatan Modayag Barat, 2 kasus Di Kecamatan Nuangan, 1 kasus di  Kecamatan Motongkad dan 1 kasus di Kecamatan Kotabunan ," tutupnya. 

 

 

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.